Keunikan Nama Depan Pemain Belanda Keturunan Indonesia

Senin, 30 Desember 2013 0 komentar



1332252212107512985

Jika kita memerhatikan nama para pemain sepak bola Belanda yang memiliki darah keturunan Indonesia, ternyata seperti ada benang merahnya dan menjadi keunikan tersendiri. Di antara mereka ada yang merupakan mantan pemain timnas Belanda, masih menjadi warga negara Belanda, sementara sebagian besar telah dinaturalisasi menjadi warga negara Indonesia.
Coba kita simak nama Giovanni van Bronckhorst, Diego Michiels, Ruben Wuarbanaran, Stefano Lilipaly, dan Sergio van Dijk. Nama Giovanni, Diego, Ruben, Stefano, dan Sergio biasanya kita temui di Italia, Spanyol, Portugal, Brasil, Argentina, atau negara-negara Amerika Latin lainnya. Contohnya saja ada nama-nama tenar, seperti : Giovanni Trappatoni (Italia),
Diego Maradona (Argentina), Diego Forlan (Uruguay), Ruben Baraja (Spanyol), Stefano Eranio (Italia), Sergio Conceicao (Portugal), atau Sergio Ramos (Spanyol).
Saya tidak tahu mengapa orang tua mereka lebih suka nama-nama tersebut atau memang ada faktor historis tertentu yang menjadi alasannya.
Sebagai perbandingannya kita mengenal banyak nama orang Belanda yang berkecimpung di dunia sepak bola, seperti : Johan Cruyff, Wim Rijsbergen, Henk Wullems, Ruud Gullit, Frank Rijkard, Ronald Koeman, Edgar Davids, Clarence Seedorf, Edwin van der Sar, Mark van Bommel, Robin van Persie, Arjen Robben, atau Wesley Sneijder. Sebagian besar nama depan mereka sangat khas Belanda, seperti : Johan, Wim, Henk, atau Ruud.
Mungkin hanya Marco van Basten dan Rafael van der Vaart yang nama depannya beraroma Italia dan Spanyol, seperti halnya para pemain Belanda keturunan Indonesia.
Keterangan gambar :
Diego, Stefano, dan Ruben, pemain Belanda keturunan Indonesia yang telah dinaturalisasi.
Sumber foto : matanews.com

0 komentar:

Posting Komentar

 

©Copyright 2011 Thia Blog